Golongan Darah


 GOLONGAN DARAH

 

“Bunda… tadi di sekolah Toro ada tes golongan darah, golongan darah Toro koq berbeda dengan golongan darah ayah dan bunda? Golongan darah bunda A, golongan darah ayah B, koq Toro O? ”

Pertanyaan diatas mungkin pernah terpikir dan diucapkan oleh beberapa orang dari kita, saat tahu golongan darah kita berbeda dari orang tua kita. Pertanyaan ini muncul bisa menjadi hal yang wajar karena memang banyak dari kita yang tidak memahami hal ini. Secara biologi cara melakukannya pun cukup sederhana dengan menggunakan serum anti A, serum anti B,serum anti AB serta anti Rh facktor dan darah dari yang ingin di tes golongan darahnya. Tetap saja kita juga banyak yang tidak paham akan hal ini.

Terkadang karena ketidaktahuan kita ketika menonton tayangan sebuah sinetron bisa menyebabkan buah hati kita berfikir yang bukan-bukan dengan adanya perbedaan golongan darah dengan orang tuanya. Bagaimana bunda dan ayah bisa menjelaskan? Mudah-mudahan tulisan kali ini bisa menjelaskannya dengan sederhana.

Biasanya bila dijelaskan dengan bahasa biologinya lebih sering atau kebanyakan ayah dan bunda tampak kebingungan dengan bahasa yang tidak awam. Jadi disini akan dijelaskan dengan menggunakan tabel sederhana… 

Tabel pertama adalah pertemuan golongan darah Ayah (Daftar Horisontal Atas) dan Bunda (Daftar Vertikal Kiri) dan kemungkinan golongan darah pada anak.

 
 

Ayah A

Ayah B

Ayah AB

Ayah O

Bunda A

A, O

A, B, O, AB

A, B, AB

A, O

Bunda B

A, B, AB, O

B, O

A, B, AB

B, O

Bunda AB

A, B, AB

A, B, AB

A, B, AB

A, B

Bunda O

A, O

B, O

A, B

O

Penggolongan darah pada keturunan merupakan faktor genetik pada anak. Jadi… sama seperti wajah dan ciri-ciri yang terlihat anak, golongan darah juga diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Gen yang diturunkan bisa berupa gen homozigot (gen yang sama) atau gen heterozigot (gen yang tidak sama). Nah.. untuk menentukan gen ayah atau bunda homozigot atau heterozigot bisa dilihat dari golongan darah orang tua dari ayah atau bunda. 

Dalam golongan darah A faktor genetik bisa berupa gen homozigot (IAIA) atau gen heterozigot (IAIO), dalam golongan darah B faktor genetik bisa berupa gen homozigot (IBIB) atau heterozigot (IBIO), dalam golongan darah AB faktor genetik berupa gen (IAIB) sedangkan golongan darah O dibawa oleh gen (IOIO) . 
Nah perbedaan genetik inilah yang bisa menjadikan golongan darah antara ayah dan bunda berbeda dengan si buah hati, tergantung sifat gen dari golongan darah orang tua, apakah bersifat homozigot atau heterozigot. 

Contoh :
Bunda bergolongan darah A heterozigot dengan gen (IAIO) dari orang tua yang bergolongan darah A dan O
Ayah bergolongan darah B heterozigot dengan gen (IBIO) dari orang tua yang bergolongan darah B dan O
Kemungkinan golongan darah pada anak-anak dari pasangan ini adalah:

 

Bunda IA

Bunda IO

Ayah IB

IAIB (AB)

IBIO (B)

Ayah IO

IAIO (A)

IOIO (O)

Dari tabel diatas kemungkinan anak-anak dari pasangan ini mempunyai kesempatan 25% dari masing-masing golongan darah. 

Jadi… buat ayah dan bunda yang mempunyai golongan darah yang berbeda dengan buah hati, jangan langsung khawatir. Bisa dilihat dari tabel diatas. Untuk lebih memastikan bisa ajak buah hati anda ke rumah sakit untuk melakukan tes golongan darah yang lebih akurat. 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: